LAPORAN PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASRAKATAN ( Universitas Terbuka )

Download Laporan Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan ( Merangkai Janur )
Download Laporan Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan ( Merangkai Janur daftar isi)

Pergeseran kebudayaan dewasa ini terjadi di negara kita memiliki unsur positif dan negatif, dimana salah satunya adalah mulai dilupakannya kesenian asli daerah. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi dan juga masuknya budaya asing yang merupakan akibat dari perdagangan bebas. Jika hal ini dibiarkan terus – menerus maka kebudayaan asli daerah akan luntur ataupun punah. Pemuda sebagai generasi penerus bangsa dan juga sebagai salah satu modal pembangunan perlu dihimpun dan dibina agar mereka mampu berperan aktif dalam melestarikan kebudayaan asli daerahnya. Untuk mencapai hal tersebut kita membutuhkan suatu konsep yang tepat dalam membina para pemuda yang keberadaannya dapat mengembangkan motivasi dan kreatifitas pemuda dalam melestarikan kebudayaan asli daerah. Dengan usia yang masih produktif, diharapkan pemuda mampu untuk mengembangkan dan juga melestarikan kebudayaan bangsa untuk bisa lebih dikenal di masyarakat.
Desa Paren mempunyai jumlah pemuda usia produktif yang cukup tinggi oleh karena itu jika di desa tersebut diadakan pelatihan atau suatu bimbingan maka diharapkan akan banyak peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Dengan semakin banyak peserta maka akan semakin banyak pemuda yang akan melestarikan kebudayaan daerahnya terutama untuk kesenian merangkai janur yang saat sekarang ini sudah mulai dilupakan oleh masyarakat kita. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, masyarakat akan lebih antusias dalam melestarikan kebudayaannya.
Sebagai mahasiswa yang dituntut untuk berperan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan yaitu meningkatkan sumber daya manusia baik formal maupun non formal, maka kami berinisiatif mengambil salah satu kegiatan kepemudaan yaitu berupa pelatihan seni merangkai janur di RT 04 RW 02 Desa Paren Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara dengan alasan pemuda di wilayah ini cukup banyak dan juga mereka mempunyai semangat yang tinggi dalam melestarikan kebudayaan daerah terutama kesenian merangkai janur.

Tinggalkan komentar